Beranda > Visual Basic > Pengenalan Visual Basic (VB)

Pengenalan Visual Basic (VB)

Microsof Visual Basic (atau yang sering disebut VB) adalah sebuh bahasa pemprograman yang bersifat Event Driven dan menawarkan Integreted Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis Sistem Operasi Windows dengan menggunakan model pemprograman Common Object Model (COM).
Sejarah Visual Basic
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis perangkt lunak|softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas BM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).

Sejarah BASIC di tangan Microsoft sebagai bahasa yang diinterpretasi (BASICA) dan juga bahasa yang dikompilasi (BASCOM) membuat ”Visual Basic” diimplementasikan sebagai gabungan keduanya.

Programmer yang menggunakan ”Visual Basic” bisa memilih kode bahasa pemrograman yang dikompilasi|terkompilasi atau kode yang harus bahasa pemrograman yang diinterpretasikan sebagai hasil executable dari kode VB. Sayangnya, meskipun sudah terkompilasi jadi bahasa mesin, dynamic link library, DLL bernama MSVBVMxx.DLL tetap dibutuhkan. Namun karakteristik bahasa terkompilasi tetap muncul (ia lebih cepat dari kalau kita pakai mode terinterpretasi).


Desain Visual dan Komponen 
Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ”ActiveX” yang dibuat oleh pihak lain. Namun komponen ActiveX memiliki masalahnya tersendiri yang dikenal sebagai DLL hell. Pada Visual Basic .NET, Microsoft mencoba mengatasi masalah DLL hell dengan mengubah cara penggunaan komponen (menjadi independen terhadap Registry Windows).

Komponen-Komponen VB :
1. Toolbox,  Kotak yang berisi objek yang digunakan utnuk mendesain / membuat aplikasi
2. Form, tempat mendesain interface program
3. Properties, digunakan untuk mensetting suatu object
4. Project, kumpulan modul-modul (Form dan Unit Coding)
5. Kode Program, kumpulan instruksi / perintah
6. Event, perintah / kejadian yang diterima suatu object
9. Method, Suatu set perintah yang telah tersedia

Contoh Tampilan Visual Basic

Kategori:Visual Basic
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: